Senin, 18 Maret 2013

Bunyi Infrasonik dan Ultrasonik dalam Kehidupan

Dalam suatu penelitian ilmiah, seekor kelelawar dilepaskan dalam ruang gelap yang telah dipasangi beberapa kawat sejajar dengan jarak antar kawat cukup dekat. Rekaman film menunjukan bahwa kelelawar dapat terbang melalui sela-sela kawat tanpa menabrak kawat. Penglihatan kelelawar tidaklah istemewa. Jika kelelawar terbang malam dengan mengandalkan penglihatannya, maka ia akan menabrak dinding sama seringnya seperti kita.
Kelelawar suka menangkap serangga di malam hari sebagai santapan malamnya. Bgaimana kelelawar bisa terbang di malam hari tanpa menabrak objek di sekitarnya dan juga menangkap serangga kecil padahal ia tidak memiliki penglihatan istimewa? Kelelawar mngeluarkan gelombang bunyi ultrasonik teratur melalui mulut dan hidungnya. Gelombang bunyi ini bergema (dipantulkan) kembali, memberi gambaran benda-benda disekitar kelelawar. Proses ini disebut echolokasi. Jadi kelelawar menggunakan gema (bunyi pantulan) untuk menentukan keadaan sekitarnya dan sekaligus mencari mangsanya. Telinga yang besar dan berbentuk aneh membantunya mengetahui dari mana datangnya gema.
Beberapa kelelawar sangat terampil dalam menemukan objek dengan echolokasi, sehingga dalam gelap pun kelelawar dapat mendeteksi kawat-kawat yang dipasang sejajar berdekatan dan dapat melewatinya tanpa menabrak kawat tersebut.
Saat ini sedang dilakukan penelitian untuk dapat meniru keahlian kelelawar yang dapat membedakan objek-objek di sekitarnya dengan teliti untuk menciptakan sistem akurat pendeteksi ranjau laut pada kapal penyapu ranjau.
Bunyi yang dihasilakan oleh semua getaran, tetapi mengapa kita tidak dapat mendengar bunyi apapun ketika lengan anda diayunkan maju-mundur secara teratur? Faktanya, kita menghasilkan bunyi tetapi frekuensinya sangat rendah (infrasonik) untuk dapat didengar telinga anda. Beberapa binatang dapat mendengar bunyi infrasonik. Gunung berapi dan gempa bumi memmancarkan bunyi infrasonik. Bahkan, beberapa mesin di pabrik bergetar pada frekuensi infrasonik. Ini dapat membahayakan para pekerja yang terkena getaran-getaran ini untuk jangka waktu yang lama. Walaupun bunyi infrasonik ini tidak dapat terdengar, tetapi energi yang dibawa oleh gelombang dapat mengubah proses tubuh.

Sumber
Fisika Untuk SMA karya Marthen Kanginan (Penerbit Erlangga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar